Postingan ini bagian ke-3 dari 3 serial tulisan Memantau dan Menganalisis Performa blog dengan Google Webmaster Tools. Bagian terakhir ini akan menganalisis internal link dari inner pages .
Pada Part 2 atau Bagian 2 membicarakan eksternal links / Backlinks / Inbound Links / Incoming Links. Analisis eksternal link sangat penting dan relevan dengan usaha meningkatkan trafik kunjungan. Hal ini terkait dengan seberapa populer website di mata Google. Semakin banyak link dari situs-situs lain ke halaman-halaman website maka semakin dianggap penting oleh Google. Atau semakin populer diukur dari tingginya PageRank.
Pada Part 2 atau Bagian 2 membicarakan eksternal links / Backlinks / Inbound Links / Incoming Links. Analisis eksternal link sangat penting dan relevan dengan usaha meningkatkan trafik kunjungan. Hal ini terkait dengan seberapa populer website di mata Google. Semakin banyak link dari situs-situs lain ke halaman-halaman website maka semakin dianggap penting oleh Google. Atau semakin populer diukur dari tingginya PageRank.
Pada Part 1 atau Bagian Pertama membicarakan masalah Performa keyword website di halaman hasil pencarian search engine (Search Engine Results pages / SERPs) untuk menjawab pertanyaan :
- Berapa banyak orang yang menemukan website Anda di search engine Google?
- Melalui keyword apa saja seseorang dapat menemukan dan berkunjung ke website Anda?
Dan pertanyaan terpenting :
- Pada posisi berapakah link-link halaman website Anda tampil di SERP Google?
Mengapa search engine Google dianggap penting?
Seseorang mengunjungi search engine karena mencari informasi dan memasukkan keyword-keyword relevan dengan informasi yang diinginkan. Type pengunjung seperti ini dinilai sebagai visitor berkualitas tinggi karena punya peluang akan mengklik atau melakukan suatu tindakan yang diinginkan (seperti melakukan pembelian, mendownload PDF, video, MP3 atau transaksi lain).
Mesin pencari Google paling dominan dibanding semua search engine lain. Statistik SERP menunjukkan lebih dari 60% dari kapitalisasi pasar SERP dikuasai Google. Maka disarankan suatu website memenuhi standar-standar Google Webmaster Tools.
Part 3 Memantau dan Menganalisis Internal Link.
Internal Links adalah link-link antar halaman di dalam website. Search engine Google data internal links ini untuk mengukur : Seberapa penting sebuah halaman web (webpage) di dalam website Anda? Data ini juga digunakan Google search engine untuk memperoleh gambaran struktur website.
Fitur pemeriksaan Internal Links bisa Anda akses pada menu :
- Your site on the web >> Internal Links
Apa manfaatnya analisis Internal Links bagi blogger atau webmaster (pemilik website)?
Analisis ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk melihat :
Apakah penyebaran internal links di di dalam website Anda sudah rerstruktur dengan baik?
Idealnya halaman-halaman Menu Utama ditempatkan internal links paling banyak, kemudian diikuti halaman-halaman sub-Menu. Dan halaman-halaman konten artikel atau posting. Salah satu faktor pertimbangan Google memberikan bonus Sitelinks (otomatis juga ditempatkan pada urutan pertama pada halaman pertama) pada SERP Google adalah Penyebaran internal Links telah terstruktur dengan baik.
Penggunaan lain : Untuk menghindari Broken Links ketika menghapus / mengubah suatu halaman.
Jika Anda bermaksud mengganti (menghapus) halaman website tertentu, sebaiknya periksa dahulu data Internal Links yang ada sebagai bahan pertimbangan. Data ini sangat terbantu Anda menelusuri halaman-halaman lain yang merujuk ke halaman yang akan dihapus atau diubah.
Ingat : Broken Links sangat tidak disukai Google dan pengunjung website pun tidak merasa nyaman.
0 comments:
Post a Comment