Pada Part 1 Anda menguji sejauh mana performa KEYWORD website di halaman hasil pencarian Search Engine (SERP). Dari tabel Query dapat dianalisa aspek-aspek website. Setidaknya ada 3 hal yang bisa Anda Pantau dari performa website dengan Webmaster tools, yaitu :
- Memantau Performa Keyword website di SERP (Search Engine Result Page) Google.
- Memantau dan Menganalisis External Link
- Memantau dan Menganalisis Internal Link.
(Karena pentingnya bagian ini maka untuk memperkuat pemahaman konseptual, sengaja saya ulang lagi aspek-aspek penilaian dibawah ini :)
- QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan Anda mendata keyword apa saja yang bisa diandalkan.
- IMPRESSIONS
Klik link judul kolom “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan Impressions (Jumlah penampilan di halaman hasil pencarian search engine). Analisa Impressions memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering muncul di SERP Google.
- CLICKS
Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI. Analisa Clicks memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google.
- CTR (Click Through Rate)
Klik link judul kolom “CTR” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan Anda menemukan prosentase efektifitas keyword website Anda.
Important Note:
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword Anda. IDEALNYA jika nilai CTR 100%, itu artinya keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
- AVG. POSITION
Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website Anda di SERP Google. Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) Google.
2. Memantau dan Menganalisis External Link
Link dari website lain yang merujuk ke halaman-halaman website Anda sangat penting kontribusinya untuk memperbaiki posisi website dalam SERP semua search engine.
Seberapa jumlah eksternal link akan sangat menentukan seberapa populer website Anda di mata Search Engine. Semakin banyak Link Eksternal yang berkualitas maka oleh Search engine halaman-halaman website akan dianggap semakin penting. Link berkualitas adalah link tersebut berasal dari website yang memiliki PageRank (PR) lebih tinggi.
Webmaster Tools menyediakan fitur untuk menganalisis Link Eksternal. Dari halaman Dashboard, Anda dapat mengaksesnya dari menu :
Your site on the web >> Links to your site
Dari tabel diatas Anda dapat menganalisis halaman mana saja yang paling banyak menjadi rujukan situs lain. Anda dapat menelusuri lokasi link rujukan di website lain atau mengetahui keyword apa yang digunakan sebagai Anchor Text (bagian teks yang diberi LINK). Atau mengetahui berapa jumlah Eksternal Link yang diperoleh halaman tertentu dari website Anda.
Apa manfaatnya?
Anda bisa tahu halaman-halaman unggulan website yang belum banyak memperoleh Eksternal Links, sehingga dapat ditempatkan keyword-keyword populer di halaman tersebut.
Untuk memeriksa lokasi Eksternal Link halaman website, Anda klik saja ITEM ANGKA pada baris halaman web. Misalkan saja gambar diatas berasal dari website saya dan saya klik item angka 3 ketika ingin memeriksa perolehan eksternal link webpage http://apptorial.com/ yang berasal dari halaman website atau blog lain yang merujuk ke halaman tersebut. Maka akan ditampilkan Daftar Link Halaman Web Perujuk ke webpage saya http://apptorial.com/
Jika penasaran dengan salah satu website perujuk, Anda hanya perlu klik link-nya, maka halaman spesifik website tersebut ditampilkan.
Anda bisa Download dengan klik link dibawahnya. Simpan sebagai file.csv untuk bahan analisis lanjutan.
CONTINUED TO : PART 3 - Memantau dan Menganalisis Internal LinkRETURN TO : PART 1 - Memantau Performa Keyword Website di SERP Google
0 comments:
Post a Comment