Powered by Blogger.
RSS

Rel=nofollow, spider search engine dan pagerank blog


Penggunaan nofollow untuk mengurangi efektivitas spam di search engine termasuk pada komentar blog sehingga terhindar dari Pagerank leak

Hindarkan “Pagerank Leak” di blog. Anda ingin menambahkan link tetapi tidak ingin kehilangan spider search engine dari web blog atau website? Maka sebaiknya selalu menambahkan teks tambahan berikut dalam a href :

rel="nofollow"

Atribut rel nofollow ini dapat menghindarkan website dari “Leaking Pagerank.”

Apa itu Nofollow?


Nofollow adalah sebuah tag dari atribut rel yang menginstruksikan search engine untuk tidak mengindeks (mengikuti) link yang mengarah ke sebuah halaman atau ke blog (website) lain.


Penggunaan nofollow dimaksudkan untuk mengurangi efektivitas spam di search engine termasuk pada komentar blog.

Mengapa disarankan pakai rel="nofollow" tag?

Atribut Rel=nofollow sesungguhnya bukan meta-tag nyata, tapi lebih merupakan deskripsi html. Ini sering digunakan di blog dan forum. Tetapi juga dimungkinkan menggunakannya di website Anda jika tidak ingin link tertentu (baik link internal maupun link eksternal) harus diikuti.

Jika sebuah link diberikan tag rel nofollow di belakangnya maka search engine tidak akan mengindeks link tersebut atau tidak memberikan backlink ke link tersebut. Robot search engine akan mengindeks posting artikel saja dan bukan link eksternal.

Tujuan penggunaan atribut Nofollow

Penambahan tag rel="nofollow" ini membuat optimal SEO untuk blog kita tetap terjaga dengan baik dan hal ini membuat blog Anda terlihat lebih baik di mata search engine Google.

Dengan menambahkan rel=”nofollow” berarti Anda membiarkan laba-laba tahu bahwa Anda tidak menambahkan link sendiri tapi itu karena ditempatkan oleh blog lain atau forum. 

Ini tidak berarti bahwa spider mesin pencari (robot crawler) akan menolak link. Itu hanya menunjukkan bahwa link tidak ada hubungannya dengan website (blog). Website tidak akan dirugikan dalam kasus ada link ke website Anda dengan rel=”nofollow”

NOTICE :
Cara satu-satunya dengan menambahkan rel="nofollow" dan bukan rev="nofollow" atau ref="nofollow"

Bagaimana cara penggunaan rel="nofollow" dan dampak ke blog?

Tag rel=nofollow dapat digunakan oleh text links (dengan atau tanpa anchor text) dan image (gambar) yang diletakkan di sebelah kiri seperti contoh textlink berikut ini :

<a href://www.testdomain.com/page.html">Kunjungi blog</a>

Setelah penambahan tag ini, maka akan tampak seperti berikut ini :

<a href://www.testdomain.com/page.html" rel="nofollow">Kunjungi blog</a>

Google Spider melihat tag di atas akan seperti ini :
  1. NOT follow this link. It won't mean that your page can't or won't be indexed but this isn't because of the rel=nofollow link. All other links that link to your page (without the nofollow) will be followed.
  2. add NO value to the link in relation to the Page Rank. Page rank is nothing more than how other sites validate external sites to your website. The more votes (or links) are placed to your page, the more change you get being placed higher in the SERPS. The rel=nofollow avoids that the link gets a vote. More about links and the power of linking was reviewed earlier.
  3. add NO value to the anchortext. If you link to a page with keywords that appear on that page and in the title, it WILL add more value to that link, so that is the best way to get more links. With this tag Google will not add any value to the anchor text.

Dimana sebaiknya menambahkan meta tag?

Anda dapat menambahkan meta tag ke semua halaman Web, tidak hanya di halaman indeks pertama saja. Pastikan setiap meta tag yang ditambahkan relevan dengan halaman web. Tambahkan keyword dan frase relevan. Sesuai dengan teks dan bahasa pada halaman tertentu. Mungkin banyak pekerjaan untuk menambahkan meta tag khusus untuk setiap halaman tetapi Anda akan lihat pada waktunya akan bekerja.


Mengubah semua Link Eksternal menjadi Nofollow

Anda ingin mengubah semua link eksternal blog blogger menjadi nofollow secara otomatis :

TUTORIAL :

  1. Login ke akun blogger.com
  2. Pilih Template kemudian Edit HTML
  3. Centang Expand Template Widget
  4. Letakkan kode di bawah ini tepat di atas </head>

    <script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
    <![CDATA[
    jQuery('a').each(function(){var a=jQuery(this).attr('href');if(typeof a!='undefined'&&a!=""&&(a.indexOf('http://')!=-1||a.indexOf('https://')!=-1)&&a.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel","nofollow")}});
    ]]>
    </script>

  5. SAVE template

Blogger.com sekarang menawarkan fitur tag rel nofollow ketika membuat link saat Anda menulis posting Untuk lebih jelasnya bisa lihat contoh berikut. 

nofollow Blogger website design

Isian teks untuk nama URL Permalink untuk blog Blogger (blogspot) tidak boleh ada spasi dan hanya boleh menggunakan tanda TITIK ( . ) dan tanda-hubung / Hyphen  ( – ).  Selanjutnya Anda perlu memberi tanda “check” (centang) pada kotak Add "rel=nofollow."   dan klik OK.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment