Powered by Blogger.
RSS

Part 1 - Memantau Performa Website Dengan Webmaster Tools

 

Kita semua tahu kriteria Google  teramat ketat untuk website yang akan bergabung ke Google Adsense.  Tapi kita masih beruntung karena Google menyediakan Webmaster Tools untuk membantu kesuksesan website atau untuk  memantau performa website.

Dengan Webmaster Tools Anda bisa melihat sejauh mana pemenuhan performa website terhadap standar Google, meskipun website Anda tidak secara khusus diperuntukkan untuk Google Adsense, Anda layaknya mencoba memanfaatkan Webmaster Tools, meskipun untuk tujuan lain, misalnya bergabung ke PPC pesaing Google Adsense atau program Monetize Website lain.

3 hal yang bisa dipantau :

  1. Memantau Performa Keyword website di SERPs (Search Engine Result Pages) Google.
  2. Menganalisis External Link
  3. Menganalisis Internal Link.


1.     Memantau Performa Keyword Website di SERP Google

Anda tentu ingin tahu jawaban pertanyaan ini :

  • Seberapa banyak orang menemukan website Anda via Search Engine Google?
  • Mengapa harus Search Engine Google yang menjadi standar penilaian Performa website?
  • Melalui keyword pencarian apa saja orang menemukan website Anda di search engine Google?

Dan yang lebih penting :

  • Pada posisi berapakah link-link  website Anda tampil di halaman hasil pencarian (SERPs) Google?

Untuk menjawab, Pertama buka WEBMASTER TOOLS yang membawa Anda ke  halaman Utama berupa daftar  semua website yang telah Anda tambahkan. Klik salah satunya untuk dianalisis. Jika belum pernah memanfaatkan Webmaster Tools, Anda harus melakukan registrasi dengan address GMAIL Anda.

Untuk registrasi BARU  CLICK link dibawah ini :

Webmaster Tools - Improve your site's visibility in SERPs. It's free.

Untuk LOGIN gunakan alamat Gmail Anda, kemudian menuju fitur : 

Your site on the web   >>  Search Queries

Untuk memperoleh gambaran global mengenai performa website Anda di SERP Google, gunakan grafik performa pencarian yang tersedia.  Sekilas Anda akan memperoleh gambaran pertumbuhan website dalam berbagai jenis pencarian Google dalam sebulan  via  garfik  “Search Queries.”

Queries         ;   Keyword yang lazim dipakai orang untuk mencari suatu informasi di Search Engine Google.

Impressions  :   Seberapa sering link-link website disertakan di Halaman Hasil Pencarian (SERP) Google.

Dengan grafik diatas Anda mengetahui :

  • Seberapa banyak keyword yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di Search Engine Google dan akhirnya masuk ke website Anda?
  • Seberapa sering link-link halaman website Anda disertakan dalam Halaman Hasil Pencarian Google melalui Queries tersebut?
  • Berapa banyak orang meng-klik dari hasil pencarian tersebut? (disebut dengan istilah CLICKS).

Ringkasan data dapat dilihat pada kotak di bawah grafik Search Queries. Anda tinggal mengarahkan POINTER ke item tanggal tertentu untuk melihat data CLICK dan IMPRESSIONS yang dihasilkan.

Kriteria :
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website Anda pun semakin bagus.

Untuk Analisis lebih mendalam, gunakan fitur dibawah ini :  (Klik Drop-down ALL, lalu pilih pembatasnnya).

  1. Pembatasan Jenis Pencarian
  2. Pembatasan Lokasi Pencarian
  3. Pengaturan rentang Waktu.

Anda dapat mengkombinasikan 3 batasan diatas sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda ingin mengetahui Performa Website dengan batasan : Untuk jenis pencarian GAMBAR, Lokasi countries = INDONESIA dan rentang waktu = SATU MINGGU TERAKHIR.

Pemantauan keyword website dan performanya dapat diamati dari tabel di bagian bawah. Tabel Queriy yang ditampilkan otomatis mengikuti pengaturan grafik yang Anda lakukan.. Dengan tabel tersebut dapat dijadikan alat untuk menganalisis :

  • QUERY

Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan Anda mendata keyword apa saja yang bisa Anda Andalkan.

  • IMPRESSIONS

Klik link judul kolom “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan Impressions ( = Jumlah penampilannya di halaman hasil pencarian search engine). Analisa Impressions memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering muncul di SERP Google.

  • CLICKS

Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI.  Analisa Clicks memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google (atau halaman hasil pencarian mesin pencari Google).

  • CTR (Click Through Rate)

Klik link judul kolom “CTR” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan Anda menemukan prosentase efektifitas keyword website Anda.

Important Note:
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword Anda. IDEALNYA jika nilai CTR 100%, itu artinya keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website Anda.

  • AVG. POSITION

Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website  Anda di SERP Google (halaman hasil pencarian mesin pencari Google). Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) Google.

Tabel Query bisa di-DOWNLOAD untuk Anda analisis lebih lanjut dengan KLIK link “Download this Table”   lalu disimpan dengan extension file  .csv. Untuk membukanya gunakan aplikasi pengolah angka (EXEL).

optimize_website_design_code Anda bisa memeriksa setiap Query untuk melihat fluktuasi posisi Query tersebut di SERP Google.  Atau meninjau halaman website yang terkait dengan keyword itu.  Silahkan klik item Query yang ingin diperiksa, maka Anda dapat meninjau halaman yang dirujuk oleh keyword tersebut.

BERSAMBUNG KE :  PART 2 - Memantau dan Menganalisis External Link


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment