Powered by Blogger.
RSS

Part 1 : Meta Deskripsi dan Keyword Statis dan Dinamis


Meta-tag deskripsi dan meta-tag keyword terbaik pada suatu website ialah yang bersifat dinamis, artinya isi deskripsi dan keyword-keyword selalu berubah-ubah sesuai dengan tema per halaman. Sayangnya, CMS platform blogspot dari Blogger.com tidak mengakomodir meta deskripsi dan keyword jenis dinamis ini. Platform Blogspot menggunakan meta deskripsi dan keyword statis yang berarti setiap halaman blogspot anda tidak akan mempunyai deskripsi dan keyword sendiri seperti pada CMS platform Wordpress.
Bagi mereka yang ingin mengoptimalkan CMS platform Blogspot miliknya di search engine Google tentu faham bahwa meta deskripsi dan keyword statis tidaklah bagus. Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi perbaikan SEO Blogspot, yaitu bagaimana dapat mempunyai meta-tag deskripsi dan meta-tag keyword dinamis untuk tiap-tiap halaman blogspot.
Saya menemukan solusinya di mas ABIbakar yang menyatakan seperti di bawah ini :
Saya mempunyai hack untuk memungkinkan mendapatkan meta-tag deskripsi dan meta-tag keyword bersifat dinamis untuk tiap-tiap halaman blogspot saya. Berikut ini contohnya, ini saya ambil dari salah satu blog saya.
http://dunia-puisi.blogspot.com/, jika anda buka view source dan lihat deskripsi dan keyword dihalaman index blog ini maka akan tampil seperti ini:
<meta content='Kumpulan Puisi dari WS Rendra' name='description'/>
<meta content='puisi, ws rendra, sajak, pidato' name='keywords'/>
<title>Kumpulan Puisi</title>
Namun jika anda buka salah satu postingan diblog itu, misal klik posting pertamanya, yaitu Doa Orang Lapar, maka meta deskripsi dan meta keywordnya akan tampil begini:
<meta content='kelaparan adalah burung gagak yang licik' name='description'/>
<meta content='orang lapar' name='keywords'/>
<title>Doa Orang Lapar - Kumpulan Puisi</title>
Hal diatas membuktikan bahwa  pada 2 halaman web yang berbeda pada platform  Blogspot dapat dimungkinkan memiliki meta-tag dinamis.  Untuk lebih meyakinkan lagi, penulisnya menyarankan mengklik halaman berikutnya yaitu Sajak Seorang Tua Di Bawah Pohon, maka akan begini tampilannya:
<meta content='inilah sajakku seorang tua yang berdiri di bawah' name='description'/>
<meta content='sajak seorang tua' name='keywords'/>
<title>Sajak Seorang Tua Di Bawah Pohon - Kumpulan Puisi</title>
Semua itu untuk membuktikan blog Blogspot-nya menjadi meta-tag dinamis. Padahal secara default paltform Blogspot hanya memiliki mata-tag statis (atau isi meta-tag sama untuk seluruh halaman). Lalu bagaimana bisa diubah menjadi dinamis? caranya akan cukup melelahkan. 

Mengubah metatag Statis pada Blogspot menjadi Dinamis

Caranya:
1. Masuk ke blogger.com lalu ke Layout > Edit HTML
2. klik expand widget template Anda:
3. Temukan ini:
<head>
<b:include data="blog" name="all-head-content" />
<title><data:blog.pageTitle /></title>
4. Setelah tag ini <b:include data="blog" name="all-head-content" />, masukan tag berikut:
<b:if cond='data:blog.url == "http://abibakarblog.blogspot.com/"'> <meta content='DESKRIPSI' name='description'/> <meta content='KATAKUNCI' name='keywords'/> </b:if>
5. Ganti abibakar.blogspot.com dengan alamat blog Anda, dan juga ganti deskripsi dan katakunci dengan deskripsi dan katakunci halaman index/homepage blog Anda.
6. Yang diatas meta deskripsi dan keyword untuk halaman index/homepage, Sekarang meta deskripsi dan keyword untuk tiap halaman. Lakukan hal yang sama seperti langkah nomor 3, 4, 5, namun karena sekarang yang anda ingin buat adalah deskripsi dan keyword perhalaman maka url dan deskripsinya harus diperjelas, misalnya halaman url saya begini http://www.abibakar.blogspot.com/2008/05/meta-deskripsi-meta-keyword.html, maka tagnya harus begini:
<b:if cond='data:blog.url == "http://johndoe.blogspot.com/2008/05/meta-deskripsi-meta-keyword.html"'> <meta content='meta deskripsi dan keyword untuk blogspot' name='description'/> <meta content='meta keyword, meta deskripsi' name='keywords'/> </b:if>
Tentu saja abibakar.blogspot harus anda ganti dengan alamat url per halaman anda juga deskripsi dan keywordnya anda rubah. Hal ini diperuntukkan untuk memberikan deskripsi spesifik pada halaman yang dimaksud. Faham? Tentu saja! Mudah khan?

Jujur saja Cara ini ada kekurangannya!

Kelemahan hack ini  ada 2 :
1. Seperti sudah diulas diatas bahwa hack ini cukup melelahkan jika di terapkan. Karena untuk setiap halaman anda harus memasukan tag diatas, misalnya anda mempunyai 3 posting diblog anda maka anda harus memasukan deskripsi dan keyword untuk masing-masing halaman, contohnya seperti ini :
<b:if cond='data:blog.url == "http://dunia-puisi.blogspot.com/"'> <meta content='Kumpulan Puisi dari WS Rendra' name='description'/> <meta content='puisi, ws rendra, sajak, pidato, bait, doa, pantun' name='keywords'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.url == "http://dunia-puisi.blogspot.com/2008/05/doa-seorang-serdadu-sebelum-perang.html"'> <meta content='Tuhan ku wajah Mu membayang di kota terbakar dan firman Mu' name='description'/> <meta content='sajak serdadu' name='keywords'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.url == "http://dunia-puisi.blogspot.com/2008/05/sajak-seorang-tua-di-bawah-pohon.html"'> <meta content='inilah sajakku seorang tua yang berdiri di bawah pohon meranggas' name='description'/> <meta content='sajak seorang tua' name='keywords'/> </b:if>
2. Membuat template Anda jadi panjang jika Anda sudah mempunyai banyak posting.

Solusi dari saya :

Jika blog Anda sudah mempunyai banyak sekali posting sebaiknya hack ini diterapkan hanya untuk halaman-halaman yang anda ingin optimalkan, agar tidak membuat lelah dan template anda menjadi panjang. Walaupun mempunyai kode template panjang tidak mengapa, toh tidak akan terlihat oleh publik, alias anda sendiri yang tahu.
Solusi lain ada di BAGIAN 2.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment