Powered by Blogger.
RSS

Solusi Prestashop : there are no carriers that deliver to the address


Keunggulan Content Management Systems (CMS) webstore template toko online Prestashop ada pada sistem layanan penjualan terintegrasi. Ini tentu sangat baik bagi customer. Namun tidak bagi web developer atau pengelola toko online amatiran yang mau menangani semua persoalan teknis secara mandiri. Masalah menjadi sangat rumit ketika harus menelusuri penyebab kegagalan sistem penjualan.

Masalah tidak berfungsinya salah satu dari 5 tahap berbelanja, misalnya, ketika Login atau tidak ada Jasa kurir yang melayani alamat pengiriman (modul kurir terinstall), akan menyebabkan customer tak bisa melanjutkan transaksi, kecewa dan mengurungkan niat membeli. TIDAK ADA TRANSAKSI adalah bencana terbesar bagi penjual hanya karena kegagalan sistem penjualan toko online.

Secara default ada 5 tahap dalam sistem penjualan Prestashop, yaitu :

Shopping cart summary

Secara teknis jendela “Shopping cart summary” muncul setelah Anda tekan tombol “CHECKOUT” di halaman utama (homepage) toko online.; Atau setelah Anda selesai memilih item produk yang ingin dibeli.

Di jendela ini Anda bisa periksa kembali semua produk yang ingin Anda beli. Anda bisa membatalkan item yang akan dibeli dengan menekan tombol “DELETE” atau menambahkan belanjaan dengan menekan tombol “Continue Shopping.” Selanjutnya tekan “NEXT” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Login

Jendela LOGIN muncul setelah tombol “NEXT” pada jendela “Shopping Cart Summary” ditekan. Bagi visitor baru, Anda harus menekan tombol “Membuat Akun” dan untuk pemilik account untuk akses ke toko online Prestashop hanya perlu memasukkan Email dan password. Jika lupa password, klik saja “Lupa Password” untuk mendapatkan password baru.

Addresses

Jendela Address otomatis tampak setelah tahap LOGIN selesai. Disini akan tampak  “Alamat Tagihan” dan “Alamat Pengiriman,” serta konfirmasi “Alamat Pengiriman” dengan memilih menu Dropdown dan memberi tanda Check untuk alamat pengiriman sama dengan alamat tagihan. jika Anda menginginkan perubahan alamat pengiriman atau alamat tagihan klik saja UPDATE.

Shipping

Jendela ini menginformasikan jasa kurir yang dipakai (misalnya JNE) beserta biaya pengiriman. halaman ini segera terlihat setelah Anda memastikan alamat pengiriman Anda benar (dengan menekan tombol NEXT).  Silahkan beri tanda check (centang) pada kotak Term of Services dan tekan tombol NEXT.

Choose your payment method

Tahap terakhir ini memunculkan opsi cara bayar yang ditawarkan oleh toko online Prestashop. Silahkan pilih cara membayar yang Anda sukai.

Error pada akses tahap Shipping

Awalnya saya bingung ketika harus menghadapi pesan error ini :
  • there are no carriers that deliver to the address you selected.
Setelah saya telusuri ternyata penyebabnya zone-zone wilayah pengiriman belum saya beri tanda check (centang).  Aktifkan perusahaan jasa kurir Anda (hingga muncul tanda centang hijau). Kemudian klik icon EDIT dan pilih ZONE yang Anda inginkan (misalnya Asia). Secara default Zone PS seperti dibawah ini :

Africa
Asia
Central America/Antilla
Europe
Europe (out E.U.)
North America
Oceania
South America
  • The Zone determines which geographic location of the world the chosen Carrier will deliver your product shipment. Perhaps you have a carrier that will only deliver within North America, or both Northa America and Europe. The zone settings help determine whether the carrier can deliver to the customer's specific location
Saya mendapati halaman seperti di bawah ini, ketika mencoba memesan produk untuk di kirim ke alamat :
  • Jalan Raya Pulogebang 31, kecamatan Cakung Jakarta Timur.
ringkasan tahapan berbelanja prestashop

Ketika saya periksa dengan pergi ke :
  • Shipping  >>> Carriers >>> Edit (mengedit kurir JNE)
Saya mendapati Zone pengiriman wilayah Cakung, Jakarta Timur dan demikian juga seluruh wilayah lain belum diberi tanda check (centang). Kemudian seluruh Zone saya beri tanda centang seperti di bawah ini.

check icon zone pengiriman prestashop

Gambar diatas adalah contoh zone pengiriman Indonesia (modifikasi dari default zone kurir Prestashop).

Saya juga harus mengaktifkan (enable) atau memberi tanda check icon prestashop pada setting berikut ini.

Enable all of this 2 features Status :
  1. icon check prestashop Enable carrier in the Front Office Apply shipping cost:        
  2. tanda check prestashop Apply both regular shipping cost and product-specific additional shipping costs
Dan melakukan setting Price-Range dan/atau  Weight Range. Untuk itu pergilah ke :
  1. Back Office >> Shipping  >> Price-Range
  2. Back Office >> Shipping  >> Weight-Range
Saya senang! Setelah zone “Jakarta Timur, Cakung” saya centang (gambar diatas) saya pun akhirnya mendapati halaman pilihan jasa kurir (artinya tidak ada masalah lagi) seperti gambar di bawah ini.

pilihan jasa kurir prestashop



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment